REKLAMASI Teluk Benoa

Belakangan ini begitu banyak yang berbicara tentang reklamasi bahkan ada salah satu media di Bali yang sangat fokus membahas tentang hal negatif rekalmasi Teluk Benoa, Banyak yang beranggapan bahwa Reklamasi ini akan berpengaruh negatif untuk kelangsungan Pulau Bali kedepannya.

Sebenarnya apasih reklamasi itu? Reklamasi merupakan pembuatan daratan baru dalam suatu perairan/pesisir pantai dan rawa. Hal ini biasanya dilakukan di daerah pesisir yang padat penduduk dimana lahan untuk pembangungan sudah menipis. Sehingga untuk mengatasi pertumbuhan penduduk dan segala aktivitasnya ini di butuhkan perluasan lahan.

Apakah dampak reklamasi? Dampak lingkungan hidup yang sudah jelas nampak di depan mata akibat proyek reklamasi itu adalah kehancuran ekosistem berupa hilangnya keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati yang diperkirakan akan punah akibat proyek reklamasi itu antara lain berupa hilangnya berbagai spesies mangrove, punahnya spesies ikan, kerang, kepiting, burung dan berbagai keanekaragaman hayati lainnya. Namun manfaat dari rekalamsi ini juga baik, disamping untuk menahan sunami, Reklamasi juga akan meningkatkan pendapatan daerah (PAD) akibat dari meningkatnya investasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s