Berburu Bunga Kamboja Kering

Gambar

Sudah 2 bulan ini Saya mempunyai rutinitas baru, yaitu memungut bunga kamboja dan menjemurnya. Ini saya lakukan tiap pagi dan sore hari. Saya memungut bunga kamboja di sekitaran rumah di pagi hari, kebetulan di rumah Saya punya beberapa pohon bunga kamboja, dan untungnya berbunga dengan lebatnya, sehingga tidak perlu lagi memungut bunga di luar. Pagi dan sore hari Saya memungut bunga kemudian langsung paginya Saya jemur dan sorenya diangkat. Yah….. rutinitas ini saya lakukan karena harga bunga kamboja kering relative mahal, sekitar Rp. 100.000/kg ini harganya bisa berubah tiap harinya. Lumayankan untuk rutinitas sederhana ini, untuk mengumpulkan bunga kamboja kering sampai 1 kg Saya membutuhkan waktu 2 minggu. Lumayan kan…? Ha ha ha…

Coba bayangkan kalau Saya memungut bunga kamboja keliling di luar rumah setiap hari. Setiap hari dapat menghasilkan 1 kg bunga kamboja kering berarti Rp. 100.000/ hari tuh…he he he. Rp. 100.000 dakali 30 hari berarti tiap bulan saya bisa memperoleh penghasilan Rp. 3.000.000,- wah lumayan banget nie.. ha ha ha ha. Sayangnya hal ini tidak bisa Saya lakukan.he he he…Oh ya tetangga Saya melakukannya hal ini lo.. tetapi Saya tidak tahu penghasilannya sih.he he he….

Dengan mahalnya harga bunga kamboja kering ini relative banyak masyarakat di daerah Desa Saya yang berburu bunga kamboja kering ini. Saya rasa menjadi fenomena nih di Desa Saya…! hahaha. Sampai kapan ya perburuan bunga kamboja kering ini akan berlangsung di masyarakat?

Saya jadi penasaran apa sih manfaat bunga kamboja kering ini. Setelah saya tanya ke pak google akhirnya ada beberapa tulisan yang memuat tentang manfaat bunga kamboja kering ini. Sekilas bila kita lihat bunga kamboja hanyalah tanaman hias perindang yang berbunga indah untuk dipandang dengan tebaran aromanya harum lembut berkesan mewah perpaduan antara wangi dahlia, melati dan mawar, sementara tidak kita ketahui justru manfaat utama dari tanaman ini ada pada bunganya.

Bunga kamboja yang dikeringkan sempurna apabila dipergunakan secara benar akan sangat manfaat bagi kesehatan, efektif untuk menurunkan suhu tubuh, meringankan demam, radang gusi atau tenggorokan, bibir pecah-pecah dan juga bermanfaat sebagai stabiliser pencernaan untuk menambah nafsu makan dan menormalkan buang air besar, sangat cocok untuk dipergunakan sebagai minuman di musim kemarau dan tidak hanya itu saja, masih banyak zat bermanfaat lainnya yang terkandung di dalam bunga kamboja kering antara lain mengurangi resiko infeksi dan bahkan mampu mencegah kanker paru-paru.

Pohon kamboja dapat tumbuh dengan baik di semua iklim. Dahan utamanya bisa tumbuh mencapai diameter 40cm dengan banyak cabang. Tingginya bisa mencapai 6 – 7 meter. Cara menanam pohon bunga kamboja pun relative mudah, bisa dengan cara stek dan perawatannya pun tidak begitu sulit, sehingga banyak pohon kamboja yang tumbuh dengan liar.

Manfaat bunga kamboja dan harganya yang mahal menyebabkan bermunculan pedagang-pedagang bunga kamboja kering dengan partai besar ataupun kecil. Sehingga banyak masyarakat yang berburu bunga kamboja untuk di jual ke pemasok bunga kamboja kering.Pohon bunga kamboja yang relative mudah di tanam, menyebabkan perburuan bunga kamboja akan bertahan lama.

 

7 comments

  1. malang85 · November 27, 2012

    Iya mas, sy juga saat ini mencoba utk mengumpulakan kamboja,
    saat ini sy sudah membeli di harga 100rb,
    ini no.hp sy 08125439174
    pin bb : 28AB0FC0
    kambojakering.wordpress.com
    http://www.facebook.com/yudwianto.notonegoro
    kambojakering.wordpress.com

    jgn lupa masuk ke forum ini y:
    http://www.facebook.com/pages/Bunga-Kamboja/287882181313204

    smoga bisa kerjasama y..

  2. orengmadureh · Januari 1, 2013

    Boleh berbagi informasi seputar kamboja kering y? Mungkin ada yg lagi mencari bunga kamboja kering silahkan mampir kesini:
    http://bisniskamboja.blogspot.com

    • gedepratama · Januari 24, 2013

      Informasi apa ya, Saya cuman ngumpulin aja, ada yang datang biasanya nyari bunga kering yang sudah dikumpulkan.

  3. kiozpulsa.com · Januari 19, 2013

    kekurangan dari bunga kamboja itu apa gan?
    makasih

  4. Albert Johannes · Januari 23, 2013

    Dear Bli Gede,

    Apakah Bli bisa beritahu saya jikalau bli tahu info tentang pedagang bunga kamboja (baik itu partai kecil atau besar) karena saya sedang melakukan penelitian tentang bunga ini.

    Terimakasih,
    Albert J

    • gedepratama · Januari 24, 2013

      Maaf Albert Saya tidak tahu, Biasanya ada orang yang datang ke rumah untuk membeli bunga yang saya kumpulkan sesuai dengan harga pasar. disini juga ada proses tawar menawar juga. pencari bunga tersebut juga datang ke tiap-tiap rumah untuk memebeli bunga kamboja kering yang telah dikumpulkan.
      Kalau dimana tempat/info yg lain tentang pedagang kamboja tersebut Saya tidak tahu.

      Terimakasih.
      Semoga Penelitian Sukses.

  5. Jin ifrid · Mei 1, 2013

    Sekarang harganya berapa bos dsana

Tinggalkan Balasan

