KEPALA PUSING SAAT BANGUN TIDUR

Hari ini mengalami pengalaman yang sedikit menimbulkan pertanyaan. Berawal dari terkejut karena mendengar suara benda yang terjatuh, sehingga terbangun dari tidur dengan tergesa-gesa untuk mencari sumber suara tersebut. Suara tersebut ternyata bersumber dari kecelakan dijalan depan rumah. Saksi mengatakan yang kecelaka tersebut datang dari pasar dan kecelakaan di sebabkan menghindari anjing yang menyeberang. Pada saat kembali kerumah setelah melihat kecelakaan tersebut tiba-tiba kepala ini pusing dan dunia ini terasa berputar-putar, langsung saja Saya duduk dan rebahan sebentar kemudian meminum segelas air putih untuk memulihkan kondisi.

Nah pertanyaannya kenapa kepala ini pusing, itu karena terbangun dari tidur dengan tiba-tiba. Waktu terjaga dan beraktivitas, otot manusia mengalami ketegangan. Tetapi waktu tidur, otot-otot itu mengendur dan beristirahat. Hal yang sama juga berlaku pada otot leher. Waktu kita terjaga, otot leher tegang karena harus menahan kepala yang berat, tetapi pada waktu kita tidur otot leher tidak menggunakan tenaganya untuk menopang kepala, sekaligus sambil mengendurkan otot yang tegang. Nah apabila kita tertidur lelap dan tiba-tiba terbangun, kita akan merasa sangat pusing dan sampai tidak tahu arah. Ini karena kita belum terbangun sepenuhnya. Keadaan belum terbangun sepenuhnya ini adalah ketika tubuh kita telah bangun, tetapi otak kita belum. Saat itu otak kita belum siap menerima dengan benar perintah dari seluruh organ di tubuh kita. Terkadang kita sampai melakukan hal-hal konyol seperti menabrak dinding ketika berjalan. Namun sering kali, pusing bisa dipicu oleh gangguan yang lebih serius seperti sebagai berikut.

1. Vertigo

Vertigo adalah gejala pusing yang terjadi karena koordinasi saraf dan otak melemah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya infeksi telinga bagian dalam. Dibandingkan jenis pusing yang lain, pusing karena vertigo biasanya paling parah.

2. Tekanan darah rendah

Pusing juga bisa terjadi akibat tekanan darah yang turun secara mendadak, misalnya saat bergerak sangat cepat atau terbangun dari tidur secara tiba-tiba. Bisa juga karena gangguan jantung, misalnya aritmia atau kondisi denyut jantung yang tidak teratur.

3. Efek samping obat

Beberapa jenis obat memiliki efek samping yang tidak diinginkan berupa rasa pusing. Diuretik atau peluruh kencing, analgesik atau pereda nyeri, transquilizer atau penenang dan anticonvulsant atau antikejang termasuk obat yang memiliki efek samping pusing-pusing terutama di pagi hari.

4. Gelisah

Serangan panik atau gangguan kegelisahan yang lain bisa menyebabkan rasa pusing di pagi hari. Gangguan semacam ini membuat napas jadi lebih cepat, sehingga keseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida terganggu lalu pembuluh arteri menyempit dan terjadilah pusing.

5. Gerakan cepat atau mendadak

Perubahan posisi yang terjadi sangat mendadak, misalnya saat olahraga juga bisa menyebabkan kepala pusing. Kadang disebut juga motion sickness karena pemicunya adalah gerakan atau motion dan sering juga dialami saat sedang naik roller coaster.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s